Algoritma
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan suatu masalah secara sistematis.
Algoritma dikatakan benar bila dapat memecahkan suatu masalah. Setiap orang memiliki pola pikir yang berbeda-beda oleh karena itu menghasilkan algoritma yang berbeda-beda pula.
Kriteria Algoritma ( Donald E. Knuth)
Judul : dalam penulisan judul tidak boleh diawali dengan angka atau karakter lain kcuali alphabet, dan dintara karakter lain/alphabet tidak boleh menggunakan spasi kecuali underscore. contoh: Algoritma konversi_nilai
Deklarasi : digunakan untuk mengumumkan semua nama yang dipakai dalam algoritma beserta isinya.
contoh :Algoritma penukaran dua buah bilangan
Pseuducode merupakan kode program yang menyerupai kode progran sesungguhnya, ditujukan untuk dibaca manusia bukan mesin. Disarankan untuk menggunakan keyword yang umum seperti : if,or,and,while,then,dsb. Dan ikuti gaya pemrograman seperti pascal, C++, dll. Pada pseuducode tidak ada aturan standar penulisan.
contoh : Menghitung luas segitiga
Input alas
Input tinggi
Luas <-- 1/2 * (alas * tinggi)
Print luas
Flowchart
Flowchart merupakan gambaran bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu progran yang menyatakan arah alur program tersebut. Flowchart dalam bentuk grafik/gambar, dengan jumlah diagram yang sedikit sehingga lebih sederhana dan mudah dipahami.
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan suatu masalah secara sistematis.
Algoritma dikatakan benar bila dapat memecahkan suatu masalah. Setiap orang memiliki pola pikir yang berbeda-beda oleh karena itu menghasilkan algoritma yang berbeda-beda pula.
Kriteria Algoritma ( Donald E. Knuth)
- input : algoritma memiliki input nol atau lebih
- output : minimal satu outputan algoritma
- definiteness : algoritma harus memiliki instruksi-intruksi yang jelas dan tidak ambigu
- finiteness : algoritma harus memiliki titik berhenti
- effektiveness : algoritma harus bisa dilakukan dan efektif
- secara descriptiv
- pseuducode
- flowchart
Judul : dalam penulisan judul tidak boleh diawali dengan angka atau karakter lain kcuali alphabet, dan dintara karakter lain/alphabet tidak boleh menggunakan spasi kecuali underscore. contoh: Algoritma konversi_nilai
Deklarasi : digunakan untuk mengumumkan semua nama yang dipakai dalam algoritma beserta isinya.
contoh :Algoritma penukaran dua buah bilangan
Algoritma tukar_bilangan
kamus data
a,b,c : integer
Begin
Input (a)
Input (b)
c <-- a
a <-- b
b <-- c
Output (a)
Output (b)
end. Pseuducode merupakan kode program yang menyerupai kode progran sesungguhnya, ditujukan untuk dibaca manusia bukan mesin. Disarankan untuk menggunakan keyword yang umum seperti : if,or,and,while,then,dsb. Dan ikuti gaya pemrograman seperti pascal, C++, dll. Pada pseuducode tidak ada aturan standar penulisan.
contoh : Menghitung luas segitiga
Input alas
Input tinggi
Luas <-- 1/2 * (alas * tinggi)
Print luas
Flowchart
Flowchart merupakan gambaran bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu progran yang menyatakan arah alur program tersebut. Flowchart dalam bentuk grafik/gambar, dengan jumlah diagram yang sedikit sehingga lebih sederhana dan mudah dipahami.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar